Jumat, 07 September 2012

Tetap Aman Meski Traveling Sendirian

Ingin traveling sendirian namun khawatir dengan keamanan?

Ya, tidak semudah pria, wanita harus lebih ekstra hati-hati ketika bepergian sendiri. Faktor keamanan menjadi pertimbangannya. Fisik wanita yang umumnya lebih lemah dibanding pria, membuatnya lebih cenderung berpotensi menjadi obyek kriminal. Maka tidak heran jika bepergian jauh sendirian sering menimbulkan kekhawatiran tersendiri, baik bagi si wanita pribadi maupun orang-orang tercinta. Lantas, bagaimana agar anda kaum hawa bisa tetap menikmati kegiatan traveling meskipun sendirian, tanpa disibukkan kekhawatiran akan segi keamanan?



Jangan Tiba Malam Hari di Tempat Tujuan 

Akan lebih aman jika anda mengusahakan tiba di tempat tujuan bukan pada malam hari, apalagi jika tempat yang anda tujuan adalah tempat yang sama sekali baru bagi anda. Tiba di waktu pagi atau siang hari juga akan membantu anda untuk lebih mudah mengenali wilayah. Namun, alasan terpenting adalah masalah kerawanan. Kondisi malam hari di berbagai tempat umumnya cenderung lebih rawan dibanding siang hari. Terlebih di kota-kota kecil dan pedesaan, suasana berbubah sepi lebih awal pada malam hari. Dengan tiba di waktu pagi atau siang hari di tempat tujuan, anda akan lebih mudah menemukan tempat aman dan nyaman untuk menginap sebelum hari gelap.


 Perhatikan Keamanan Saat di Hotel

 Ketika check-in, jika bisa mintalah kamar yang posisinya paling strategis: tidak terpisah dari kamar-kamar yang lain dan akses keluar mudah. Selain itu, jangan biarkan orang asing tahu bahwa anda menginap sendirian. Jika hotel tempat anda menginap mengharuskan anda meninggalkan kunci di front desk ketika akan keluar, pastikan bahwa petugasnya meletakkan kunci ditempat yang seharusnya. Jangan pernah meninggalkan kunci kamar anda begitu saja di counter.


Berpakaianlah yang Sesuai

Berpakaianlah yang sewajarnya agar tidak menarik perhatian yang tidak diinginkan. Berpakaian terlalu mencolok justru membuat perhatian mudah tertuju pada anda. Lebih disarankan menggunakan pakaian yang simpel dan memudahkan anda untuk bergerak.


 Pelajari Bahasa Tubuh dan Kebudayaan Setempat

 Mempelajari kebiasaan bahasa tubuh dan budaya setempat sebelum anda pergi ke tempat tujuan juga perlu. Selain untuk menghindari situasi canggung dan salah paham, mempelajari tentang hal ini juga dapat membuat perjalanan anda lebih menyenangkan. Di tempat dan kondisi tertentu,berbagai bahasa tubuh yang kita anggap biasa belum tentu diartikan sama.


 Tetap Tampil Percaya Diri

 Baik ketika berada di jalan dekat rumah maupun di sebuah kota yang ribuan kilo jauhnya dari rumah, tetaplah berjalan dengan percaya diri. Berjalanlah dengan tujuan yang mantap. Dengan begitu, perhatian yang tidak diinginkan dapat diminimalisir. Terlihat bingung di jalan hanya akan membuat anda tampak lemah dan rentan. Jika anda tersesat, tetaplah tenang. Mampirlah ke toko atau restoran dan bertanyalah pada orang yang tampak bisa dipercaya di sana. Hindari terlalu kentara melihat peta ketika anda sedang berada di jalan. Pelajari rute sebelum berangkat, dan pilihlah peta berukuran kecil yang praktis untuk dilihat jika diperlukan.


Jaga Kontak dengan Orang-orang Terdekat 

Sangat penting bagi anda untuk tetap menjaga kontak dengan keluarga dan teman-teman ketika sedang traveling sendirian. Kirimkan kabar secara teratur mengenai kondisi dan keberadaan anda, sehingga orang terdekat anda juga tahu. Jika anda bepergian ke luar negeri terutama ke tempat yang mungkin berbahaya atau tempat yang sedang mengalami bencana, akan sangat baik jika anda mempersiapkan kemungkinan agar mudah menghubungi kedutaan negara anda.


 Gunakan Common Sense

Common sense di sini meliputi hal-hal yang umum disarankan seperti : tidak jalan-jalan setelah larut malam, tidak minum dengan pria asing, tidak naik ke gerbong kereta yang kosong dan juga sarana transportasi umum lainnya yang kosong, serta anjuran-anjuran umum yang lain.

Hal terpenting dari tips-tips di atas adalah tetap menjaga kewaspadaan dalam kondisi apapun, dan mendengarkan insting anda. Selama kegiatan traveling, pastikan juga dokumen-dokumen penting seperti kartu penduduk atau passport tersimpan aman.

http://uniqpost.com