Sabtu, 28 Januari 2012

Mengatasi Anak Pemarah di Usia Remaja

Mengatasi Anak Pemarah di Usia Remaja
       Mengatasi anak pemarah di usia remaja memang tidak mudah. Ketika anak marah dan sulit diatur, ibu mulai terpancing emosinya begitu pun dengan sang ayah, sehingga situasi mulai tidak terkendali.
      Kemarahan memang emosi normal yang muncul di setiap individu. Kemarahan juga merupakan salah satu cara untuk melepaskan tekanan mental dan emosional, namun terkadang kemarahan dapat mengarah kepada amukan dan semakin tidak terkendali. Berikut ialah ciri-ciri amarah yang sudah tidak terkendali :
  • Marah pada semua yang membuatnya tidak nyaman, mengganggu atau ikut campur pada pekerjaan yang sedang dibuatnya.
  • Agresif, atau amarah yang berujung pada kekerasan seperti berteriak, memukul, menodrong sampai mendendam.
  • Rasa marah yang normal hanya terjadi untuk sementara, namun jika amarah ini berkenpanjangan, maka hal itu tidaklah normal.
  • Masalah kecil membuatnya marah besar. Misalnya, marah besar saat seseorang menggunakan kamar mandi dalam waktu yang lama.
  • Merusak atau melukai diri sendiri saat dalam keadaan marah. Misalnya menyetir sembarangan, menggunakan obat-obatan juga alkohol, berkelahi dan sesuatu yang tidak aman lainnya.
      Emosi itu bisa Anda atasi dengan mengajarkan sang anak, bagaimana mengenali antara perasaan terganggu dan tidak nyaman. Mengajaknya berbicara dan menanyakan mengapa dia marah, apakah ada seseorang yang menyakitinya atau alasan lainnya. Sangat penting untuk mengetahui pemicu kemarahan anak, dengan begitu Anda bisa menghindari situasi penuh emosi ini.
      Ajarkan juga untuk menarik napas panjang setiap kali amarah itu muncul,dan tanyakan dalam diri sendiri "Mengapa saya harus marah?". Untuk mengatasi anak pemarah juga jangan lupa untuk mengajak sang anak berolahraga secara teratur. Olahraga merupakan jalan terbaik untuk melepaskan rasa stres baik dalam tubuh juga pikiran. Bahkan terbukti, seseorang yang jarang berolahraga lebih mudah terganggu perasaannya dan juga tidak nyaman.
(melindacare.com)