Selasa, 07 Februari 2012

Manfaat Sarapan bagi Kesehatan


Sarapan sangat diperlukan oleh tubuh kita terutama sebagai asupan bagi otak. Setelah “berpuasa” selama 7 sampai  8 jam selama kita tidur di malam hari, tubuh memerlukan energi untuk beraktivitas sepanjang hari.
Bagaimana dengan anda yang sedang berdiet untuk mengurangi berat badan? Tidak sarapan memang dapat mengurangi berat badan, namun bukanlah cara yang sehat untuk berdiet. Semakin lama perut kosong maka akan membuat kita semakin lapar sehingga cenderung untuk makan berlebih. Jika kita tidak sarapan, tubuh akan menjadi lelah karena otak dan tubuh kita kekurangan “bahan bakar”, akibatnya menjelang siang untuk mengganjal perut, biasanya kita minum minuman yang manis seperti kopi atau teh yang mungkin saja bisa menunda lapar, namun ketika waktu makan siang tiba, maka kita cenderung untuk makan berlebihan yang justru berakibat buruk bagi diet dan kesehatan kita. Justru dengan sarapan yang teratur setiap hari, kita dapat menjaga berat badan yang ideal.

Penelitian yang dilakukan terhadap anak-anak yang sarapan dan yang tidak sarapan sebelum ke sekolah menunjukan bahwa anak-anak yang sarapan sebelum ke sekolah lebih berprestasi dari anak-anak yang tidak  sarapan. Bila hal ini terbukti pada anak-anak, tentunya berlaku pula bagi orang dewasa dalam meningkatkan produktivitas sepanjang hari. Sarapan yang teratur akan mendukung ritme kerja sepanjang hari. Mengapa bisa demikian? Karena sarapan yang sehat dan bergizi akan membentuk pola hidup sehat yang memberikan manfaat kesehatan baik untuk anak-anaka maupun untuk orang dewasa.

Manfaat sarapan bagi anak-anak yaitu:
  1. Meningkatkan daya konsentrasi.
  2. Mendukung keterampilan problem solving dengan berkembangnya kemampuan untuk melakukan proses analisa.
  3. Meningkatkan koordinasi hand-eye, yaitu kesesuaian gerak antara tubuh dan penglihatan.
  4. Meningkatkan kesadaran
  5. Meningkatkan kreativitas
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh
  7. Menunjang aktivitas fisik
Bagi orang dewasa, manfaat sarapan yang sehat yaitu:
  1. Mengasup lebih banyak vitamin dan mineral.
  2. Mengurangi asupan lemak dan kolesretol.
  3. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas di pagi hari.
  4. Mengontrol berat badan ideal.
  5. Dengan berkurangnya kolesterol maka akan mengurangi risiko penyakit jantung.

Sarapan yang bagaimana yang disebut sebagai sarapan yang sehat? Walau pun kita sudah memahami bahwa sarapan sehat akan membawa banyak manfaat, selanjutnya timbul pertanyaan sarapan bagaimana yang disebut sebagai sarapan yang sehat. Sarapan yang sehat harus mengandung protein dan serat. Protein didapat dari daging rendah lemak, telur, kacang atau susu. Serat didapat dari whole grains, buah dan sayuran. Contohnya sarapan sehat yang sederhana yaitu sarapan yang terdiri dari sebutir telur rebus, sebuah jeruk dan semangkuk sereal dan susu rendah lemak. Hindari sereal yang ditambah gula, sirup, goreng-gorengan dan roti putih karena akan cepat dicerna sehingga cepat menimbulkan rasa lapar. Protein dan serat akan mengenyangkan hingga saatnya makan siang.

Ingatlah, sarapan sehat adalah cara terbaik untuk mengawali hari anda. Dengan sarapan sehat anda akan lebih bersemangat menghadapi pekerjaan di pagi hari dan sepanjang hari. Sudahkah anda sarapan hari ini??



http://blog.smartbunda.net